Area makam Imam Laits. Foto: Iqbal Zain al-Jauhari

Sebagai penduduk muslim di Indonesia tentu kita mengenal sosok bernama Imam Syafi’i. Namun. Tetapi mengenai Imam Laits, tak banyak orang mengenalnya. Padahal, beliau adalah salah satu guru Imam Syafi’i yang memiliki peran penting dalam pembentukan mazhab terbesar di Indonesia.

Sekilas Tentang Imam Laits

Nama lengkap beliau adalah Abu Al-Harits Al-Laits bin Sa’ad bin Abdurrahman Al-Fahmi. Gelar Al-Fahmi merupakan nisbat dari salah satu kabilah di Irak yang bernama Fahm. Meski keturunan Irak, Imam Laits lahir di Mesir pada bulan Sya’ban tahun 94 H.

Imam Laits kecil menimba ilmu dari beberapa guru di Mesir. Di antara guru beliau adalah Ubaidillah bin Abu Ja’far, Al-Harits bin Yazid, Ja’far bin Rabi’ah, dan ulama Mesir lain. Beliau terkenal dengan kedalaman ilmunya meski masih muda. Ibnu Asakir dalam kitab Tarikh Dimasyqa menyebutkan:

وإنهم ليعرفون لليث فضله وورعه وحسن إسلامه على حداثة سنه

Para guru beliau mengakui keutamaan, kesalehan dan bagusnya agama Imam Laits meski usianya masih muda.”

Majalah TebuirengIklan Tebuireng Online

Setelah menyerap ilmu dari para ulama mesir, Imam Laits melanjutkan perjalanan intelektualnya ke daerah lain. Beliau merantau ke Irak dan Hijaz untuk memperdalam ilmunya. Di sana beliau bertemu dengan banyak tabi’in dan memperdalam pengetahuannya tentang hadis Nabi.

Beliau pun tumbuh menjadi seorang pakar Fikih di Mesir yang sezaman dengan Imam Malik. Meski begitu, pemahaman Fikih beliau sedikit berbeda dengan Imam Malik yang merupakan ahlulhadits. Imam Laits, selain seorang ahlu alhadits, juga seorang ahlu al-ra’yi karena pernah belajar di Irak yang merupakan basis mazhab Hanafi.

Di masa penyebaran ilmu, Imam Laits menjadi seorang mujtahid mustaqil yang memiliki pendapat sendiri, baik dari Ushul Fikih dan Fikihnya. Dari situ, banyak murid yang berguru pada beliau, salah satunya Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i atau yang akrab dikenal Imam Syafi’i. Bahkan, Imam Syafi’i memberi komentar bahwa Imam Laits lebih alim dari Imam Malik, seperti yang dikutip Al-Baihaqi dalam kitab Manaqib Asy-Syafi’i:

الليث ‌أفقه من مالك إلا أن أصحابه لم يقوموا به

Imam Laits lebih pakar dalam bidang Fikih dari Imam Malik. Hanya saja pengikut beliau tidak melanjutkan pemikiran beliau (melestarikan mazhabnya).”

Mazhab Laits yang Sirna

Sebagai mujtahid mustaqil, tentu beliau memiliki mazhab sendiri dan memiliki penngikutnya sendiri. Sayangnya mazhab beliau tidak terdokumentasi dengan baik hingga lenyap tak berbekas. Kita pun sulit untuk menemukan bagaimana pola pikir beliau dalam merumuskan hukum fikih.

Dalam kitab Muhadlarat Dirasat Fiqhiyyah fi Madzhab Al-Imam Asy-Syafi’i disebutkan ada dua faktor penyebab mazhab Imam Laits tidak bertahan sampai sekarang.

Pertama, tidak ada pendokumentasian pola pikir Imam Laits oleh murid-muridnya. Beliau hanya memiliki satu kitab fikih yang membahas sebagian masalah fikih. Selanjutnya, tidak ada pembuatan kitab dari murid beliau sebagai bentuk pelestarian mazhabnya.

Meski tidak ada peninggalan kitab, pendapat fikih beliau sebenarnya masih dapat ditemukan di beberapa kitab Fikih. Karena dalam kitab-kitab ulama fikih sesudahnya banyak yang menyantumkan pendapat-pendapatnya. Salah satunya yang tercantum dalam kitab Bidayah Al-Mujtahid karya Ibnu Rusyd yang membahas tentang doa qunut berikut:

وقال ‌الليث بن سعد: ما قنت منذ أربعين عاما أو خمسة وأربعين عاما إلا وراء إمام يقنت

Imam Laits bin Sa’ad berkata: Aku tidak membaca doa qunut sejak 40 atau 45 tahun kecuali di belakang imam yang membaca doa qunut.”

Kedua, murid beliau lebih sedikit dari murid imam-imam lain di sekitarnya. Pelestarian mazhab Liats pun begitu minim melihat sedikitnya jumlah murid beliau tersebut. Di samping, beliau dinilai terlalu dekat dengan pemimpin dinasti Abbasiyyah saat itu. Hal tersebut membuat para ulama enggan mendekat pada beliau.

Sebenarnya sangat disayangkan mazhab beliau tidak bertahan hingga sekarang. Padahal, beliau di masanya terkenal sebagai mujtahid besar di bidang fikih yang pikirannya cemerlang. Seperti yang diungkapkan oleh Ibnu Hajar Al-Atsqalani, bahwa beliau mewarisi pemikiran ahlurra’yi dan ahlulhadits yang menjadi inspirasi Imam Syafi’i dalam merintis mazhab Syafi’i.


Ditulis oleh Muhammad Miqdadul Anam, Mahasantri Ma’had Aly Pondok Pesantren An-Nur II Al-Murtadlo Malang