ilustrasi kotak amal

Assalamualaikum wr. wb.

Ini orang kampung saya mau mengadakan acara Maulid, tapi dananya katanya mau diambilkan dari Kas / Kotak amal langgar / musholla, ini hukumnya bagaimana? Matur nuwun

Waalaikumsalam wr wb.

Kamal, Sidoarjo

Jawaban:

Majalah TebuirengIklan Tebuireng Online

Terima kasih atas pertanyaannya semoga Allah Swt selalu melindungi kita. Mengenai hukum menggunakan uang kas untuk keperluan maulid Nabi hukumnya diperbolehkan, dengan catatan dana yang dipakai adalah untuk kemaslahatan masjid/mushollah dan tempat pelaksanaan maulid Nabinya pun harus di masjid setempat, dan cara penggunaannya harus secukupnya tidak berlebihan serta tidak ada kebutuhan yang lebih penting di waktu tersebut.

Namun jika uang kas tersebut masih dibutuhkan untuk pembangunan maka tidak diperkenankan, begitu juga ketika dana yang dipake berlebihan (tidak secukupnya) maka juga tida diperkenankan

Pada hakikatnya dana wakaf masjid dibagi menjadi tiga seperti yang dijelaskan dalam kitab hasyiah al-qolyubi:

 حاشية القليوبى ج : 3 ص : 108

واعلم أن أموال المسجد تنقسم على ثلاثة أقسام ، قسم للعمار كالموهوب والمتصدق به له وريع الموقوف عليه ، وقسم للمصالح كالموهوب والمتصدق به لها وكذا ريع الموقوف عليها وربح التجارة وغلة أملاكه وثمن ما يباع من أملاكه وكذا ثمن الموقوف عله عند من جوز بيعه عند البلى والإنكسار وقسم مطلق كالموهوب والمتصدق به له مطلقا وكذا ريع الموقوف عليه مطلقا , وهذا التقسيم مأخوذ من مفهوم أقوالهم فى كتب القفه المعتبرة والمعتمدة

Ketahuilah bahwasanya harta mesjid itu terbagi tiga:

  1. Untuk pembangunan masjid. Seperti harta yang di dapat dari pemberian untuk masjid , sedekah untuk masjid dan pemasukan wakaf untuk masjid .
  2. Untuk kemaslahatan mesjid. Seperti harta yang didapat hibah, sedekah, wakaf untuk masjid, untuk perdagangan dari usaha mesjid, barang barang yang dijual dari milik masjid (menurut suatu pendapat bolehnya menjual barang wakaf yang sudah tidak terpakai atau rusak)
  3. Untuk keperluan masjid secara mutlaq seperti harta yang didapat dari hibah, sedekah dan wakaf untuk masjid

Pembagian pembagian ini diambil dari pemahaman para fuqoha di kitab kitab mereka yang dapat dijadikan sandaran hukum.

Lebih jelasnya dalam kitab bughyatu musytarsidin dikatakan:

بغية المسترشدين ص : 65 (دار الفكر)

(مسئلة ب) يجوز للقيم شراء عبد للمسجد ينتفع به لنحو نزح إن تعينت المصلحة فى ذلك إذ المدار كله من سائر8ه الأولياء عليها نعم لا نرى للقيم وجها فى تزويج العبد المذكور كولى اليتيم إلا أن يبعه بالمصلحة فيزوجه مشتريه ثم يرد للمسجد بنحو بيع مراعيا فى ذلك المصلحة ويجوز بل يندب للقيم أن يفعل ما يعتاد فى المسجد من قهوة ودخون ونحوهما مما يرغب نحو المصلين وإن لم يعتد قبل إذا زاد على عمارته

 

“Diperbolehkan bahkan disunnahkan bagi takmir melakukan sesuatu yang biasa dilakukan di masjid, seperti menyediakan kopi, rokok dan sesuatu yang disukai para jama’ah walaupun hal ini tidak dibiasakan sebelumnya apabila uang kas ini sudah melebihi untuk pembangunan masjid”

Syekh Salim bin Said Bakir pernah ditanya:

فتح الاله المنان للشيخ سالم بن سعيد بكير باغيثان الشافعي ص : 150

سئل رحمه الله تعالى عن رجل وقف اموالا كثيرة على مصالح المسجد الفلاني وهو الان معمور وفي خزنة المسجد من هذا الوقف الشئ الكثير فهل يجوز اخراج شئ من هذا الوقف لاقامة وليمة مثلا يوم الزينة ترغيبا للمصلين المواظبين ؟ فا جاب الحمد لله والله الموافق للصواب الموقوف على مصالح المساجد كما في مسئلة السؤال يجوز الصرف فيه البناء والتجصيص المحكم و في أجرة القيم والمعلم والامام والحصر والدهن وكذا فيما يرغب المصلين من نحو قهوة وبخور يقدم من ذلك الاهم فالاهم وعليه فيجوز الصرف في مسئلة السؤال لما ذكره السائل اذافضل عن عمارته ولم يكن ثم ما هو اهم منه من المصالح اهـ

Beliau (mualif kitab ini) di tanya tentang seseorang yang mewakafkan hartanya yang sangat banyak untuk kemaslahatan masjid dan sekarang masjid tersebut telah makmur (banyak yang ibadah disana) dan ada di kas masjid harta wakaf orang tersebut masih lebih karena sangat banyaknya, Maka apakah boleh mengeluarkan sebagian harta wakof ini untuk suatu acara agar orang orang yang solat lebih giat lagi ?

Maka beliau menjawab: Segala puji bagi allah dan allah jua lah yang memberikan jalan kepada kebenaran. Harta harta yang di wakofkan untuk kemaslahatan masjid, sebagaimana pada pertanyaan tersebut. Boleh mentasarufkan harta wakaf untuk pembangunan, pengecatan, gaji marbot, asatidz, imam, begitu pula boleh untuk membuat lebih giat lagi orang yang shalat seperti menyajikan kopi, bukhur (asap yang wangi untuk mewangikan masjid) akan tetapi semua harta wakaf itu harus di utamakan mana yang lebih penting, Oleh karena itu boleh mentasarufkan harta tersebut untuk pertanyaan tadi dengan syarat harta itu sudah lebih dari kebutuhan masjid maka boleh mentasarufkannya untuk kemaslahatan masjid (seperti menjamukan kopi tadi, bukhur dll).

Wallahualam


Dijawab oleh Ustadz Faizal Amin, Mahasantri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari