Oleh: Quratul Adawiyah*

Nama yang tak asing bagi para pelajar ilmu hadis yang setiap pembahasan nama beliau sering disebut khususnya ketika belajar takhrij hadits. Beliau memiliki nama lengkap Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad bin Hajar Al-Kannani Al-Qabilah. Yang berasal dari Al-Asqan, lahir di Mesir pada tanggal 22 Sya’ban pada tahun 773 Hijriah.

Ibnu Hajar tumbuh besar sebagai anak yatim, beliau seorang yang sangat iffah (menjaga diri dari dosa), sangat berhati-hati dan mandiri di bawah asuhan Az-Zaki Al-Kharubi. Beliau dimasukkan ke Al- Maktab (sekolahan untuk belajar dan menghafal Al-Qur’an)  oleh Az-Zaki Al-Kharubi ketika berumur lima tahun. Salah seorang guru yang mengajar beliau adalah Syamsuddin bin Al-Alaf yang saat itu menjadi gubenur Mesir akan tetapi, Ibnu Hajar belum berhasil menghafalkan al-Quran sampai beliau diajar oleh orang yang menjadikannya seorang yang fakih dan merupakan pengajar sejatinya, seorang yang ahli fakih pensyarah kitab Mukhtashar At-Tibrizi Shadruddin Mahmud bin Muhammad bin Abdurrazaq As-Safthi Al-Muqri’. Kepada sang guru inilah akhirnya beliau dapat menghatamkan menghafal al-Quran ketika berumur sembilan tahun.

Di Mesir beliau benar-benar berusaha dan bersungguh-sungguh menghafalkan beberapa kitab, baik yang berupa ringkasan seperti Umdah Al-Ahkam, Al- Hari Ash-Sughra karya Al-Qazwaini, Alfiyah Ibnu Malik dalam bidang Nahwu, At-Tambih fi Furu’ As-Syafi’iyyah karya Asy-Syairazi dan masih banyak kitab lain yang beliau hafalkan.

Dr. Hamid Abdul Majid mengatakan bahwa Allah membuat Ibnu Hajar mencintai ilmu hadis, beliau mencurahkan segala tenaga dan waktunya untuk mempelajarinya, melakukan banyak perjalanan untuk mendapatkannya meski sebelumnya beliau telah banyak pula menemukan dan mendapatkan hadis. Meski begitu beliau tidak pernah puas dengan apa yang didapatkannya dan terus berusaha hingga tahun 796 Hijriah. Dalam proses pencarian hadis-hadis beliau banyak berkeliling daerah dan menemui banyak syaikh, beliau juga banyak mendengar hadis-hadis dalam kitab-kitab besar dari dua guru, yaitu Al-Hafizh Zainuddin Abdurrahim bin Al-Husain Al-Iraqi dan Asy-Syaikh Nuruddin Al-Haitsami.

Majalah TebuirengIklan Tebuireng Online

Selain kesungguhannya terhadap ilmu beliau juga sangat wara’ dalam hal makanan. Beliau tidak pernah memakan makanan yang telah dihadiahkan untuk keluarganya. Ketika beliau menghadiri suatu acara atau hajatan lainnya yang pada umumnya sulit untuk menghindarkan diri dari memakan sesuatu yang masih samar kehalalan dan keharaman, maka biasanya beliau memberikan makanan yang disuguhkan itu kepada pembantu atau pengikutnya atau orang lain yang berada di dekatnya, dengan tujuan agar tuan rumah merasa senang. Dan setiap memakan makanan, beliau selalu bertanya dari mana sumber makanan tersebut (halal-haramnya), jika beliau lupa menayakannya dan kemudian memakannya begitu saja, beliau cepat-cepat menanyakan sumber makanan itu sebelum selesai dengan izin Allah. Akan tetapi jika makanan tersebut tidak halal, beliau langsung memuntahkannya.

Ibnu Hajar jatuh sakit di rumahnya setelah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai qadhi pada tanggal 25 Jumadal Akhir tahun 852 Hijriah. Ketika beliau sakit hingga meninggal, beliau berkata, “ Ya Allah, bolehlah Engkau tidak memberikanku kesehatan, tetapi janganlah Engkau tidak memberikanku pengampunan.”

Pada malam Sabtu tanggal 20 Dzulhijjah berselang dua jam setelah shalat Isya’, orang-orang dan para sahabatnya berkerumunan di dekatnya untuk membacakannya surat Yasin. Ketika sampai pada ayat ke-58 keluarlah ruh dari jasadnya, banyak orang-orang menangis kepergiannya, meratapi kematiannya hingga orang-orang non muslim pun ikut merasakan akan kepergiannya. Semoga Allah menempatkan tempat terbaik untuk beliau dan kita bisa meneladani  kesungguhan serta kehati-hatian beliau dalam mendapatkan ilmu.


*Mahasantri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari