Ilustrasi: Zulfikri

Kiai Abu Chaer berasal dari Krajan Kulon Kaliwungu Kab. Kendal Jawa Tengah. Beliau merupakan salah satu santri Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari. Beliau masuk di Pesantren Tebuireng pada bulan Syawal 1345 H/April 1927. Di Pesantren Tebuireng, Kiai Abu Chaer langsung masuk di kelas 5 (lima) Madrasah Salafiyah. Dan beliau belajar di pesantren ini kurang dari setahun sebab ada udzur sakit. Semasa mesantren di Tebuireng, KH. Abu Chaer belajar/mengaji kepada para kiai. Diantaranya; pertama, Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari mengaji kitab Fathul Mu’in, Syarh Ibn Aqil, Syarah Ghayah Taqrib, dan Tahrir Tanqih Al-Lubab.

Selain kepada Hadratussyaikh, Kiai Abu Chaer mengaji juga kepada guru-guru di Tebuireng, diantaranya KH. Arwani Amin Kudus, Kiai Anas Mahfudz Lumajang, Kiai Mawardi As-Saidani Bojonegoro, Kiai Wildan bin KH. Hasan Krajan  Wetan Kaliwungu Kendal.

Kiai Abu Chaer merupakan sosok ulama yang ‘alim dan memiliki keahlian dalam bidang gramatika Arab (nahwu, shorof, mantiq, balaghah). Selain itu, beliau juga ulama yang menekuni beberapa beberapa disiplin ilmu keislaman.  Hal ini dapat dilihat dari karya-karyanya yang berjumlah sekitar 33 karangan dari beragam fan keilmuan mulai dari ilmu mantiq, balaghah, tarikh, fiqh, dan ushuluddin, serta beberapa gubahan syair berbahasa Arab.

Adapun karya-karya beliau sebagai berikut:

  • Ar-Rawa ‘ih al-Wardhiyah tentang nadzam-nadzam karakteristik ke-Muhammad-an yang tersebut dalam Maraqi al-Ubudiyyah,
  • At-Thuhfah al-Khoiriyah Fisirah Khairil Bariyyah(tentang perjalanan hidup nabi Muhammad SAW) dengan metode tanya jawab dengan bahasa Jawa,
  • At-Darru al-Nadhidah ala Nadhmi al Khamsina tentang ‘Aqidah yang menjelaskan Aqo’id 50,
  • Muqtafiyat al-Jauhar al-Ma’nun tentang ilmu Bayan (1371 H),
  • Hidayatul Muridin fi Syrah An-Nabi Al-Amin tentang sejarah Nabi Muhammad SAW (1372 H),
  • Al-Qiladah ad-Dhuriyah fi Amsilati al-Mahramiyyah (1373 H),
  • As-Siraj al-Wahhaj fi Ba’dhi Hikami al-Isro wa al-Mi’raj (1373 H),
  • Syair al-Aqidah al-Ijmaliyyah yang disebutkan setelah khutbah An-Nasyaih Ad-Diniyyah (1377),
  • Syarh As-Sulam al-Munawraq dengan nama Al-Maslak al-Muannaq,
  • Al-Lum’ah tentang Fadhilah dan hukum bacaan muroqqi sebelum Sholat Jum’at dengan Taqrid KH. Muslih bin Abdurrahman Mranggen, dan seterusnya.

KH. Abu Chaer nyantri ke Pesantren Tebuireng kurang lebih selama setengah tahun, setelah dari Tebuireng juga mengaji ke Pesantren Tremas Pacitan pada bulan Syawal tahun 1350 H/ Februari 1932 M.

Majalah TebuirengIklan Tebuireng Online

Kiai Abu Chaer menulis tarikh wafat gurunya Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Misyakatul Hasanah

شَيْخُنَا هَاشِمُ بْنُ أَشْعَرِي

اَلَّذِيْ قُلْتُ فِيْهِ مُؤَرِّخًا وَفَاتَهُ لِيَتَذَكَّرَ الْمُحِبُّ لَهُ مِنْ تَلَامِيْذِهِ وَأَمْثَالِهِ أُوْلِي الْأَلْبَابِ شِعْرًا مِنْ بَحْرِ الطَّوِيْلِ:

أَيَا صَاحِبِى جُدْ بِالدُّمُوْعِ الصَّبِيْبَةِ * لِفَقْدِ رَئِيْسٍ أَكْبَرٍ فِي الْجَمَاعَةِ

أَقَامُوْا شِعَارَ الدِّيْنِ نَهْضًا وَوَحْدَةً * لِيُرْضُوْا رَسُوْلَ اللهِ خَيْرَ الْبَرِيَّةِ

غَيُوْرٍ لِدِيْنِهِ مُحِبٍّ لِرَبِّهِ * وَيَنْشُرُ عِلْمًا مِنْ فُرُوْعٍ وَسُنَّةٍ

خَلِيْلٌ وَلِيُّ اللهِ مِنْ أَهْلِ مَادُوْرَا * مُعَلِّمُهُ فِيْ عُنْفُوَانِ الشَّبِيْبَةِ

يُقِيْمُ بِمَكَّةَ وَيَحْضُرُ عِنْدَ الشَّيْ * خِ مَحْفُوْظٍ ذِي الْمَوْضُوْعَةِ الْمُسْتَفَادَةِ

وَذَا شَيْخُنَا هَاشِمٌ تَوَفَّاهُ رَبَّهُ * بِسَابِعِ رَمْضَانِ رَفِيْعِ الْمَقَامَةِ

مِنَ الْأَلِفِ مَعْ ثَلَاثِمِائَةِ ارْحَمْ * وَسِتِّيْنَ مَعْ سِتٍّ  ذِيْ عَامٍ   لهِجْرَةٍ

إِلَهِيْ سِجَالَ الرَّحْمَةِ اصْبُبْ عَلَى ضَرِيْ * خِهِ وَارْضَ عَنْهُ يَا مُجِيْبًا لِدَعْوَتِيْ

صَلَاةٌ وَتَسْلِيْمٌ وَأَزْكَى تَحِيَّةٍ * عَلَى قَائِدِ الْخَيْرَاتِ خَيْرِ الْبَرِيَّةِ

 

Sahabatku, Curahkanlah air mata sebanyak-banyaknya sebab kehilangan seorang pemimpin besar di organisasi

Mereka telah menegakkan syi’ar agama dengan kebangkitan dan persatuan, supaya memperoleh ridha Rasulullah , manusia terbaik

Bersemangat pada agamanya dan cinta Tuhannya, menyebarkan ilmu dari berbagai cabang dan sunnah

Syaikh Kholil merupakan Kekasih Allah dari penduduk Madura merupakan gurunya pada masa mudanya 

Beliau sempat menetap di Makkah dan berguru pada syaikh Mahfudh yang memiliki banyak karangan yang bermanfaat

Dan Guru Kami itu adalah Kiai Hasyim  yang telah dipanggil oleh Tuhannya pada tanggal 7 Ramadan yang mempunyai kedudukan tinggi

Pada tahun 1366 H. Rahmatilah Yaa Allah

Duhai Tuhanku , semoga Engkau curahkan limpahan rahmat atas kubur beliau dan ridhailah beliau. Wahai sang Pengabul Do’a

Shalawat dan salam serta lebih sucinya penghormatan atas pemimpin kebajikan sebaik-baik manusia

Syair ditulis pada Syawal 1380 H

Dokumen asli syair tulisan KH. Abu Chaer mengenang wafatnya KH. Hasyim Asy'ari
Dokumen asli syair tulisan KH. Abu Chaer mengenang wafatnya KH. Hasyim Asy’ari. Sumber: Karomi

Wawancara : Agus Tubagus Bakri, Gus Syafiq, dan H. Ibnu Fikri


Ditulis oleh Ustadz Zaenal Karomi, Alumni Ma’had Aly Hasyim Asy’ari