Dua Kumpulan Cerpen Santri Jombang Dibedah di PBNU

177
Sumber: nu.or.id

Tebuireng.online- Dua buku kumpulan cerpen karya santri Jombang, Jawa Timur dibedah di GedungPBNU, Jakarta, Kamis (6/12). Dua kumpulan cerpen tersebut adalah KucingMakan Koran (Boenga Ketjil bekerja sama dengan Diandra Kreatif, Jombang,2018) karya Zainuddin Sugendal dan Trik Ahli Neraka (Penerbit MitraKarya, Tuban, 2018) karya Hilmi Abedillah.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan dua cerpen dari masing-masing buku olehAbdullah Wong yang diawali dengan kidung Ki Ardhi yang diiringi petikan gitarSastro Adi. Diskusi tersebut juga menghadirkan narasumber lain yaitu dosenlinguistik Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Faris Alniezar, danpenyair Abdullah Wong.

Bedah buku bertema Menggerakkan Sastra Nahdliyin yang diupayakan NU Online, Omah Aksoro, dan Lesbumi PBNU tersebut menghadirkan pengamat sastra, Hudori Husnan. Hudori menelisik kedua buku tersebut setelah dua penulisnya bercerita proses kreatif mereka dalam berkarya. Dua penulis ini sudah lama aktif di Penerbitan Tebuireng, Zainuddin Sugendal pernah menjadi pimred Majalah Tebuireng lalu menggali ilmu lagi di Pesantren Darul Ulum. Sedangkan Hilmi Abedillah selain aktif menulis, juga mahir dalam dunia desain grafis.   

“Bagaimana Zainuddin Sugendal dan Hilmi Abedillah lebih memilih jalan ‘mengambang’  dari pada  menulis cerpen sesuai selera  kebanyakan pembaca cerpen? Persoalan ini menarik untuk didalami,” tanya Hodori dalam diskusi itu.  Cerpen-cerpen Zainuddin Sugendal dan Hilmi Abedillah diikat oleh benang merah, sama-sama menjadikan khazanah pesantren NU, sebagai titik pemberangkatan. 

Cerpen Hilmi Abedillah, kata dia, Daenuri Ketemu Dinawari yang berkisah tentang ambisi Daenuri berziarah ke makam Syekh Dinawari di Baghdad, pekat dengan istilah-istilah khas pesantren termasuk kitab Jurumiyah, Rihlah Ibnu Bathuthah dan seterusnya. 

Majalah TebuirengIklan Tebuireng Online

“Istilah-istilah khas pesantren juga banyak dijumpai di cerpen lain termasuk cerpen Sya’ban yang penokohannya memakai nama-nama bulan dalam penanggalan Hhijriyah, serta cerpen Barokah,” katanya.  

🤔  Sepatuku Hilang

Sama seperti cerpen-cerpen Hilmi Abedilah, cerpen-cerpen Zainuddin Sugendal juga banyak memakai istilah-istilah pesantren misalnya pada cerpen Ziarah dan Abraham dan Air Mata di Alif Lam Mim yang berkisah tentang kecurigaan santri senior terhadap santri mualaf yang diduga penganut aliran sesat. 

Tak seperti Hilmi, kata dia, Zainuddin Sugendal mulai memasuki tema-tema berbalut teka-teki  seperti terdapat di cerpen Angsana dan Sebelas Macan Tuan Hasan yang memasukan unsur-unsur mitologi dan jampi-jampi. 

“Sudah barang tentu Hilmi Abedilah dan Zainuddin Sugendal bukan yang pertama menjadikan tema-tema pesantren sebagai sudut pandang. Gus Mus, salah satunya, pernah menulis cerpen tentang Gus Jakfar,” jelasnya. “Lebih jauh lagi, kata dia, ada nama Djamil Suherman sastrawan angkatan 60-an dan 70-an yang banyak mengangkat kehidupan pesantren,” lanjutnya. 

Bedanya,tema-tema pesantren lebih dijadikan inspirasi dan bukan sebagai intensitasapalagi sebagai kesadaran untuk merontokkan dominasi kebahasaan yang datangdari luar  bahasa pesantren. 

Sebelumnya, dua buku kumpulan cerpen ini juga pernah dibedah di Kantor Redaksi Jawa Pos Radar Jombang pada awal November lalu.

Sumber berita:http://www.nu.or.id/post/read/99959/dua-kumpulan-cerpen-santri-jombang-dibedah-di-pbnu