(Foto: M Abror Rosyidin)

Oleh: KH. Fawaid Abdullah*

Baginda Nabi Muhammad SAW itu merupakan manusia yang paling Zuhud.  Jalan Fakir bagi beliau itu merpakan sebuah pilihan, bukan paksaan atau terpaksa, karena sejatinya beliau sangat kaya.

Allah SWT memberikan kunci dunia kepada Rasulullah SAW untuk bisa mengambil harta, tetapi beliau memilih menolak dan mengambil jalan sederhana dan zuhud. Saking zuhudnya beliau tidur di atas tikar, sampai-sampai punggung beliau sampai kelihatan bekas tikar.

Ketika sahabat menawarkan tempat tidur yang empuk dan kendaraan (unta, kuda, bighal dan lain sebagainya) yang layak dan bagus, lagi mahal, beliau bersabda, “Untuk apa ini di Dunia?”.

Baginda Nabi menganggap cukup dengan makan, minum dan pakaian yang secukupnya saja. Malah beliau lebih banyak memberi sedekah kepada orang-orang fakir miskin.

Majalah TebuirengIklan Tebuireng Online

Rasulullah tidak mau akan kelezatan dunia. Beliau lebih memilih bertempat di rumah yang sederhana dari pada menempati istana raja. Beliau sehari lapar dan sehari lagi kenyang. Ketika sedang kenyang beliau bersyukur dan memuji Tuhan-Nya, sedangkan ketika sedang lapar beliau andhap-asor “ndepe-ndepe” sembari berdoa kepada Allah Ta’ala.

Hikmah yang dapat diambil dari kehidupan Baginda Nabi SAW ini, yaitu bahwa beliau sangat tidak suka umatnya yang hidupnya serba glamour, foya-foya dan penuh keserakahan. Karena manusia itu ketika nikmat datang maka seringkali lupa akan kemaslahatan-kemaslahatan, sedang ketika nikmat itu hilang justru seseorang itu berada dalam keadaan yang rendah dan hina. Akhirnya agamanya pun digadaikan dan dijual, kemuliaannya pun dijual dengan harga yang murah demi kepentingan-kepentingan nafsu keduniaannya.

Berapa banyak orang-orang agung nan mulia itu berangkat dari keterbatasan-keterbatasan dan kefakiran yang tidak rakus akan dunia. Tidak rakus akan harta. Karena orang yang cinta dunia dengan berlebih-lebihan itu dapat merusak sifat kemanusiaannya. Maka dari itu, Rasulullah SAW melarang hubbud dunya, cinta dunia. Beliau lebih menganjurkan hidup Qona’ah dan sederhana, (bahkan) memilih jalan fakir.

Adapun takwa dan takut kepada Allah itu puncak dari kehidupan Baginda Nabi SAW. Beliau lebih banyak berdzikir dan men-selalu-kan fikir. Sebagaimana Firman Allah Ta’ala:

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), ‘Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka’” (QS: Ali Imron: 191).

Baginda Nabi SAW dilakukan sepanjang siang dan malam. Istri beliau, Siti Aisyah pernah ditanya, “Bagaimana  Amaliyah Baginda Nabi, apakah mengkhususkan sesuatu dalam hari-hari beliau? Aisyah menjawab “Tidak! Beliau tidak memilih-milih hari. Semua hari itu baik. Beliau selalu beramal setiap hari ketika beliau mampu beramal. Tidak ada hari yang di khususkannya”.

Beliau selalu menyelalukan Qiyamul Lail, ibadah malam hari. Sampai-sampai kaki beliau itu bengkak sebab lamanya beliau berdiri di dalam Shalat malam, Qiyamul Lail nya. Beliau juga berpuasa sunnah, memperbanyak berdoa dan membaca Al Quran. Mementingkan berdzikir dan istighfar, memperbanyak menangis ketika shalat dan bermunajat kepada Allah Ta’ala.

Sahabat Anas bin Malik, seorang Khadam atau pelayan Baginda Nabi, berkata, “Baginda Nabi berkhutbah, tidak pernah aku dengar seperti ini (khutbah beliau), sabda Nabi, “Andai Kalian itu tahu apa yang aku tau, maka sungguh kalian ini akan sedikit tertawa dan banyak menangis. Kemudian beliau bersabda (lagi), “Pada hari itu aku diperlihatkan surga dan neraka yang tidak pernah aku lihat (sebelum senyumnya) urusan-urusan kebaikan dan keburukan. Andai kalian tahu apa yang aku tahu, sungguh kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis”.

Sebegitunya Rasulullah SAW menjaga diri dari keduniaan. Beliau sejatinya kaya dengan berbagai aset yang beliau punya, namun harta itu tidak sedikitpun membekas dalam hati beliau sehingga harta itu beliau gunakan untuk kepentingan dakwah Islam, sedekah, dan berbagi kepada sesama. Sedangkan beliau tidak mau terlena dan malah menggunakannya seperlunya saja.


*Santri Tebuireng 1989-1999, Ketua Umum IKAPETE Jawa Timur 2006-2009, saat ini sebagai Pengasuh Pesantren Roudlotut Tholibin Kombangan Bangkalan Madura.