KH. Mahfudz Shiddiq lahir di Jember, pada hari Kamis Pon, tanggal 27 Rabi’ul Awwal 1325 H/ 1907 M. Beliau merupakan wafat di Jember, tanggal 5 Muharram 1363 H/ 01 Januari 1944 M dan dimakamkan di pemakaman keluarga Turbah, Condo, Jember.

Berlatar belakang keluarga pesantren Mahfudz kecil dibina oleh ayahnya sendiri. Meskipun berada di tengah keluarga agamis beliau tidak berhenti belajar hanya di pesantrennya sendiri. KH. Mahfudz Siddiq adalah putra sulung dari KH. Siddiq (penulis Nadzam Kitab Safinah) dari lbu Nyai H. Zaqiah (Nyai Maryam) binti KH. Yusuf. Beliau adalah kakak kandung dari KH. Achmad Siddiq (1926-1991). Ibunda beliau meninggal dunia di saat beliau berusia 24 tahun dan empat tahun kemudian disusul dengan meninggalnya sang ayahanda.

Semasa hidupnya, beliaulah yang menjadi pengasuh dan pengajar bagi adik beliau. Segala pola pikir dan kebiasaan beliau menjadi cerminan bagi adik beliau, KH. Achmad Siddiq. Tentang agama Islam, beliau mencontoh apa yang ayah beliau ajarkan pada beliau dan adik beliau. Ayah beliau adalah sosok yang tegas dan sangat ketat, terutama dalam hal shalat berjama’ah. Beliau dikenal berwatak sabar, tenang, dan sangat cerdas.. Beliau juga kiai yang suka berpenampilan necis dan rapi. Wawasan berfikirnya amat luas dan modern, baik dalam ilmu agama maupun pengetahuan umum.

Beliau adalah santri Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, di bawah pengajaran K.H. Hasyim Asy’ari. Di masa remajanya, beliau adalah seorang aktivis dan organisatoris yang sangat piawai. Setelah dari Tebuireng beliau pun menetap di Makkah al-Mukarramah dan di sana beliau berteman baik dengan KH. A. Wahab Hasbullah., KH. R. As’ad Syamsul Arifin, KH. Bisri Syamsuri. Di sana beliau terkenal sebagai santri yang ahli debat, matang ilmu mantiq dan jago berorasi di podium.

Dengan kemampuannya dalam ilmu mantiq ia pun mengembangkannya lagi dengan aktif mengisi di Majalah Soeara NO hingga beliau pun menjadi pemimpin redaksinya dan berganti nama menjadi Berita NO. Selain itu beliau adalah juga yang mengusulkan ganti nama NO bagian pemuda menjadi ANP (Anshor Nahdlatoel Oelama), sekarang GP Ansor.

Majalah TebuirengIklan Tebuireng Online

Pada tahun 1937 M dalam Muktamar NO ke-12 di Malang, beliau terpilih sebagai Ketua Oelama PBNU mendampingi KH. M. Hasyim As’ari sebagai Rais Am. Sebagai tokoh muda, beliau memiliki pandangan jauh ke depan. Di antara hasil pemikirannya adalah Mabadi Khoiru Ummah (landasan untuk mewujudkan umat yang terbaik), dilakukan dengan menggerakkan para mubaligh dan tokoh NU untuk memiliki sifat dan akhlak as-Shidqu (kejujuran), al-Wafa’u bil wa’di (menetapi janji, disiplin), dan at-Ta’awun (tolong-menolong, gotong-royong). Beliau juga meninggalkan dua buku penting Pedoman dan Debat tentang Ijtihad dan Taklid yang diterbitkan oleh PBNU (dulu HBNU) dan dijadikan sebagai pedoman bagi warganya.

Wallahua’lam

*Minahul Asna