Ilustrasi Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari. / tebuirengonline

Oleh: Ilham Zidal Haq*

Apakah benar Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari tidak pernah belajar kepada Sadah/Habaib (Alawi)?

Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari yang masyhur sebagai ahli hadis memiliki banyak guru. Baik guru saat beliau belajar di pesantren-pesantren di Jawa, maupun saat belajar di Makkah. Namun ada beberapa guru utama beliau yang mempengaruhi dalam membentuk keilmuannya. Diantara, Syaikhona Kholil Bangkalan Madura, Syaikh Mahfudz Termas, Syaikh Syuaib Ad-Dakali, Sayyid Alawi bin Ahmad As-Saqof, dan Sayyid Husain Al-Habsyi.

Dua sosok terakhir ini dikatakan oleh Asad Syihab (2019:47) sebagai guru favorit Hadratussyaikh. Sebab Hadratussyaikh senantiasa ber-mulazamah menghadiri pengajiannya di Masjid Haram dan di kediaman rumah pribadinya. Bahkan Sayyid Alawi As-Saqof sangat mengagumi kecerdasan dan kesungguhan Hadratussyaikh dalam menimba ilmu.

Pertama, Siapakah Sayyid Alawi As-Saqof?
Dia adalah keturunan Rasulullah dari bani Alawi ke-33. Dilahirkan di Makah tahun 1255 H dan wafat dikuburkan di Ma’la Makah pada tahun 1335 H. Dia juga menjabat sebagai naqib bani Alawi di Makkah (Zirikli, 2002: 249). Memiliki beberapa karya tulis, diantaranya, kitab Al-Fawaid Al-Makiyyah dan Tarsyihul Mustafidin syarah Fathul Mu’in. Dua kitab ini sering digunakan rujukan oleh santri pondok pesantren di Indonesia.

Majalah TebuirengIklan Tebuireng Online

Kedua, Sayyid Husain bin Muhammad bin Husain al-Habsy (1258 H-1330 H). Beliau berasal dari kota Sey’un Yaman, kemudian belajar di kota Makkah kepada Mufti Makkah Sayyid Zaini Dahlan, Syarif Muhammad Nasir, dan Sayyid Umar Abdullah Al-Jufri. Beliau terkenal sebagai ahli Hadis, dan menjadi mufti Makkah setelah Sayyid Zaini Dahlan wafat (Mua’allimi, 2011: 360).

Dalam Kitab “Ziyadat Ta’liqot”, Hadratussyaikh (2023: 27) menyebut dirinya pernah belajar kitab Sahih Muslim kepada Sayyid Husain Al-Habsyi, bahkan dituliskan sanadnya hingga Imam Muslim. Berikut sanad yang diterima Hadratussyaikh dari Sayyid Husain Al-Habsyi,


وقال الإمام النووي في شرح مسلم عند الكلام على الحديث الذي حدثناه السيد حسين الحبشي بمكة المكرمة بسنده إلى الشيخ إسماعيل بن جراح عن الشيخ العارف بالله عبد الغني النابلسي عن النجم محمد الغزي عن والده البدر محمد الغزي عن البرهان بن أبي شريف عن البدر القبابي عن الخبار عن الإمام النووي عن أبي إسحاق إبراهيم بن أبي حفص عمر ابن مضر الواسطي، قال: أخبرنا الإمام ذو الكنى أبو القاسم أبو بكر أبو الفتح منصور بن عبد المنعم الفراوي، قال: أخبرنا الإمام فقيه الحرمين أبو جدي أبو عبد الله محمد بن الفضل الفراوي، قال: أخبرنا أبو حامد محمد بن عيسى الجلودي، قال: أخبرنا أبو اسحاق ابراهيم بن محمد بن سفيان الفقيه، قال: أخبرنا الإمام أبو الحسين مسلم بن الحجاج…. الخ (زيادة تعليقات، ص ٢٧-٢٨)

Sayyid Husain Al-Habsyi punya adik yang bernama Habib Ali bin Muhammad (Pengarang Simtut Duror) yang salah satu putranya tinggal di Solo, bernama Habib Alwi bin Ali Al-Habsyi. Hubungan Hadratussyaikh dengan keluarga Sayyid Husain berlanjut saat pulang di Indonesia. Habib Novel Al-Idrus saat diundang di Tebuireng (8/11/2019) bercerita, Hadratussyaikh pernah berangkat dari Jombang ke Solo untuk bertemu dengan kerabat gurunya, ketika Hadratussyaikh sampai di kediaman keluarga Habib Alwi bin Ali.
“Bib, saya ini muridnya pakde jenengan, saya kesini mau menyambung silaturahim.”

Dua sosok habib Alawi ini sudah cukup dalam memberikan jawaban bagi orang yang meragukan atau menafikan bahwa Hadratussyaikh pernah belajar kepada keturunan Rasulullah (Habaib/Sadah). Padahal masih banyak, guru beliau dari golongan Habaib dan Sayyid, diantaranya Sayyid Abbas Al-Maliki Al-Hasani, Sayyid Ahmad bin Hasan al-Atthos dn lain sebagainya.

Penghormatan Hadratussyaikh kepada dzurriyah Rasulullah sering diceritakan oleh KH. Abdul Hakim Mahfudz (Pengasuh Pesantren Tebuireng), bahwa Hadratussyaikh saat mengaji kitab di masjid, para dzurriyah Rasulullah (Habaib) ditempatkan di shaf pertama. Ini bukti bahwa Hadratussyaikh adalah sosok yang mencintai dzurriyah Rasulullah.

Akhir kata, izinkan mengutip pernyataan Hadratussyaikh dalam kitab Nurul Mubin,


وبالجملة فيجب على كل مكلف أن يحب أهل بيت النبوة وجميع الصحابة من العرب والعجم، ولا يكون من الخوارج في بغض أهل البيت فلا ينفعه حينئذ حب الصحابة، ولا يكون من الروافض في بغض الصحابة فلا ينفعه حينئذ حب أهل البيت، ولا يكون من الجهلاء الطغام حيث يكرهون العرب بالطبع الملام.

“Kesimpulannya, wajib bagi setiap orang mukallaf untuk mencintai Ahlu Bait Nabi dan semua sahabat dari Arab dan non-Arab, dan tidak boleh menjadi orang Khowarij yang benci kepada Ahlu Bait, maka pada saat itu mencintai para sahabat tidak ada gunanya. Dan tidak boleh menjadi orang Syiah Rofidoh yang membenci para sahabat, maka pada saat itu mencintai Ahlu Bait tidak ada gunanya. Dan tidak boleh menjadi orang bodoh dan dungu yaitu mereka yang membenci Arab dengan watak cacian.”

*Protokoler Tebuireng.