Oleh: Nurdiansyah Fikri Alfani*

Hari Raya Idul Adha atau yang lebih dikenal sebagai Idul Qurban dirayakan oleh umat muslim setiap tahunnya pada tanggal 10 Dzulhijjah. Pada Hari Raya Idul Adha ini memiliki perbedaan dengan Hari Raya Idul Fitri, yakni terletak pada syariat penyembelihan hewan qurban.

Banyak yang menyangkutpautkan latar belakang adanya syariat qurban pada Hari Raya Idul Adha dengan peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim a.s. yang akan menyembelih Nabi Ismail a.s. karena perintah Allah. Inilah cerita yang paling masyhur dan memang qurban dengan menyembelih hewan disyariatkan oleh agama Islam adalah sebagai simbolisasi terhadap pengorbanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

Tapi sebenarnya al-Quran sendiri telah menceritakan jauh sebelum zaman Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. mengenai peristiwa atau istilah qurban.

Majalah TebuirengIklan Tebuireng Online

Al-Quran telah mengabadikan sebuah peristiwa yang berkaitan dengan qurban, yaitu cerita yang dialami oleh anak-anak Nabi Adam a.s. yang bernama Qabil dan Habil. Kisah ini tercantum pada surat al-Maidah ayat 27:

 وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَاَ ابْنَيْ اٰدَمَ بِالْحَقِّۘ اِذْ قَرَّبَا قُرْبَانًا فَتُقُبِّلَ مِنْ اَحَدِهِمَا وَلَمْ يُتَقَبَّلْ مِنَ الْاٰخَرِۗ قَالَ لَاَقْتُلَنَّكَ ۗ    قَالَ اِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللّٰهُ مِنَ الْمُتَّقِيْنَ

Dan ceritakanlah (Muhammad) yang sebenarnya kepada mereka tentang kisah kedua putra Adam, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka (kurban) salah seorang dari mereka berdua (Habil) diterima dan dari yang lain (Qabil) tidak diterima. Dia (Qabil) berkata, “Sungguh, aku pasti membunuhmu!” Dia (Habil) berkata, “Sesungguhnya Allah hanya menerima (amal) dari orang yang bertakwa“.

Dalam tafsir al-Qurtubi disebutkan bahwa ayat 27 dari surat al-Maidah tadi mayoritas ulama mengaitkan dengan cerita dua anak Nabi Adam a.s. yaitu Habil dan Qabil ketika mereka berdua sama-sama menyerahkan qurban kepada Allah SWT. Dalam tafsirnya, Imam al-Qurtubi menjelaskan mengenai perbedaan apa yang diqurbankan Qabil dan Habil, sehingga Allah hanya menerima qurban dari Habil saja dan tidak untuk qurbannya Qabil.

وَكَانَ قُرْبَانُ قَابِيلَ حزمة من سنبل لأنه كان صَاحِبَ زَرْعٍ وَاخْتَارَهَا مِنْ أَرْدَأِ زَرْعِهِ، ثُمَّ إِنَّهُ وَجَدَ فِيهَا سُنْبُلَةً طَيِّبَةً فَفَرَكَهَا وَأَكَلَهَا.

القرطبي، شمس الدين ,تفسير القرطبي ,6/134

Dan persembahan Qabil adalah seikat bulir jagung/gandum karena dia memiliki ladang dan dia memilih dari tanamannya yang paling jelek/buruk, kemudian dia menemukan di dalamnya sebutir biji yang bagus lantas dia mengupas lalu memakannya.

Sedangkan untuk penjelasan mengenai apa yang diqurbankan Habil:

وَكَانَ قُرْبَانُ هَابِيلَ كَبْشًا لِأَنَّهُ كَانَ صَاحِبَ غَنَمٍ أَخَذَهُ مِنْ أَجْوَدِ غَنَمِهِ.” فَتُقُبِّلَ” فَرُفِعَ إِلَى الْجَنَّةِ.

القرطبي، شمس الدين ,تفسير القرطبي ,6/134

Dan persembahan dari Habil adalah seekor domba, karena dia memiliki kambing (peternakan), dan dia mengambilnya yang terbaik dari kambing-kambingnya, kemudian Allah menerima qurban dari Habil lalu mengangkatnya ke surga.

Kesimpulan yang dapat diambil dari tafsir al-Qurtubi di atas adalah alasan mengapa qurban dari Habil yang diterima, sedangkan untuk Qabil tidak, padahal mereka sama-sama menyerahkan persembahan/qurban?

Hal ini dikarenakan keikhlasan dari Habil dalam berqurban, dia rela untuk mengorbankan domba terbaik yang dimilikinya untuk dipersembahkan kepada Allah SWT, sedangkan Qabil dia tidak serius dalam mencari qurbannya, bahkan seakan-akan dia tidak ikhlas dalam berqurban karena dia memilih yang terburuk dari apa yang dia miliki.

Oleh karenanya pelajaran yang dapat kita ambil dari qurban adalah sebuah nilai keikhlasan, bagaimana kita rela mengeluarkan sebagian harta untuk diqurbankan dengan niatan mendekatkan diri kepada Allah SWT.


*Santri Tebuireng