Oleh: H. Ainur Rofiq*

الحمد لله الخالقِ المعبودِ الرازقِ المعبودِ المحيدِ للخقوقِ والمحدودِ . احمده على نِعَمِهِ التي لا يَسْتَوْعِبُهَا الأَعْدَادُ ولا يَنْهَضُ بالشكر العباد. اشهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَ اَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ المبعوث إلى جميع المخلوق .

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وعلى أله وصحبه . صلاةً لاغايةَ لإمْدَاد  ولامنتهى, أما بعده فيا أيها الناس إتقوى الله حق تقاته وذروا الفواحش ما ظهر وما بطن.

Maasiral Muslimin Rahimakumullah

Menjadi kewajiban kita masing-masing bertakwa kepada Allah SWT. dan senantiasa meningkatkan nilai-nilai ketakwaan itu semampu kita. Bahkan kita harus berjuang agar semua amal perbuatan bisa terkontrol oleh nilai ketakwaan yang ada dalam diri kita. Dan tidak menyimpang dari nilai-nilai agama dan tuntunan syariat. Kita juga wajib berharap kepada Allah, memohon dan berdoa kepada-Nya agar perjalanan hidup kita ini selalu mendapatkan rahmat dan ridlo-Nya sehingga dapat tercapai tujuan hidup tentram, selamat di dunia dan di akhirat.

Majalah TebuirengIklan Tebuireng Online

Tentu hal tersebut harus disertai dengan amal yang salih. Amal yang sesuai dengan ilmunya. Sebab, harapan-harapan kita, sebesar apapun apabila tidak disertai dengan amal maka itulah sebuah angan-angan belaka dan tidak membekaskan suatu hasil apapun. Sedangkan yang dituntut dari orang yang arif bi Allah adalah dapat menjadi benar dalam menghambakan dirinya kepada Allah dan dapat mendirikan segala hak-hak ketuhanan.

Al Atha’ dalam kitab al-Hikam menerangkan,

مَتَى رَزَقَكَ الطَّاعَةَ وَالْغِنَى بِهِ عَنْهَا، فَاعْلَمْ أَنَّهُ قَدْ أَسْبَغَ عَلَيْكَ نِعَمَهُ ظَاهِرَةً وَبَاطِنَةً

Apabila Allah telah merizekikan kepadamu ketaatan di dalam melaksanakan segala perintah-Nya dan merasa kaya dengannya. Yakni sudah merasa cukup, dengan ketakwaan itu dan tidak memerlukan apa-apa selainnya. Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya Allah telah mengaruniakan nikmat-Nya secara dhohir dan batin.

Maasiral Muslimin Rahimakumullah

Berkaitan dengan janji Allah atas ketakwaan dan keimanan seseorang, sekaligus ancaman dan kutukan Allah terhadap penyimpangan-penyimpangan dan berpaling dari jalan-Nya. Sesungguhnya Al Quran telah banyak menjelaskan dan menerangkan banyak petunjuk kepada kita dalam perumpamaan yang ada di dalam kehidupan umat-umat sebelum nabi Muhammad.

Memang ada beberapa ayat yang senada dan alurnya sama. Yang mengandung arti penekanan-penekanan yang sama. Di antaranya, firman Allah swt. dalam surah al-A’raf ayat 96:

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.

Dalam surah lain, surah al-Maidah ayat

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْكِتَابِ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَكَفَّرْنَا عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَلَأَدْخَلْنَاهُمْ جَنَّاتِ النَّعِيمِ

Dan sekiranya Ahli Kitab beriman dan bertakwa, tentulah Kami tutup (hapus) kesalahan-kesalahan mereka dan tentulah Kami masukkan mereka kedalam surga-surga yang penuh kenikmatan.

Ayat yang senada dalam surah al-Baqarah 103

وَلَوْ أَنَّهُمْ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَمَثُوبَةٌ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ خَيْرٌ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

Sesungguhnya kalau mereka (ahli kitab) mau beriman dan bertakwa, (niscaya mereka akan mendapat pahala), dan Sesungguhnya pahala dari sisi Allah adalah lebih baik, kalau mereka mengetahui.

Maasiral Muslimin Rahimakumullah

Ketiga ayat di atas, terkait dengan kutukan Allah SWT terkait dengan berbagai macam penyimpangan dan pendustaan terhadap nilai keimanan dan ketakwaan. Allah SWT Yang Maha Suci dengan segala Kebesaran-Nya, walaupun betapa besar dosa penyimpangan itu. Tetapi Allah SWT masih memberi kesempatan pengampunan bagi orang-orang yang mau bertaubat dan menjalan ibadah keimanan ini dengan benar.

Maasiral Muslimin Rahimakumullah

Yang terakhir, dalam rangkaian ayat yang telah kami baca tadi perlu diperhatikan. Ada dua kalimat yang senada. Dalam ketiga ayat itu ada kalimat wa amanu wa ittaqau. Susunan sama, bentuk sama, dan ada penambahan tauqid dalam musnad dan juga tauqid dalam musnad ilaih. Sehingga mempunyai penegesan bahwa keimanan dan ketakwaan tergantung pada hamba yang melaksanakan, dan balasannya akan dirasakan sendiri baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Maasiral Muslimin

Ini artinya bahwa keimanan dan ketakwaan ini harus menyatu. Ketakwaan seseorang baru akan dicatat oleh Allah manakala ketakwaan itu didasari oleh keimanan yang mantap dalam hati. Mengapa? Karena keimanan itu adalah pekerjaan hati sebagai simbol dia percaya dan tunduk dalam segala aturan agama. Sedangkan takwa adalah bentuk bukti dari amal perbuatan yang menunjukkan keimanan tersebut melalui amaliah ibadah sehari-hari.

Apabila kedua hal ini ada pada seseorang dan ia mau melaksanakan dengan penuh kesadaran maka sesungguhnya ia berhak mendapatkan janji-janji Allah SWT. Semoga kita dijadikan oleh Allah sebagai hamba-hamba yang mampu melakukan taat dengan sebenar-benarnya dan menjauhi hal-hal yang menjauhkan kita dari jalan Allah SWT.

جعلنا الله وإياكم من الفائزين الأمنين. والله يقول وبقوله يهتد المهتد ون . أعود بالله من الشيطان الجيم . بسم الله الرحمن الرحيم . من عمل صالحا فلنفسه ومن اساء فعليها وما ربك بظلام للعبيج . بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي اْلقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ مِنَ اْلأٓيَةِ    وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَاسْتَغْفِرُوْا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

                                                                                                                                          

*Pengajar di Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng