Shalawat Badar dituliskan di dinding lokasi pemakaman KH. M. Ali Mansyur, di daerah Maibit, Rengel, Tuban Jawa Timur. (Foto: Syarief R)

Tebuireng.online- Hampir semua warga Nahdliyin dan masyarakat Indonesia mengenal shalawat badar. Syair ini diawali dengan kata Shalatullah salamullah alaa thoha rasulillah. Shalatullah salamullah alaa yasin habibillah. Shalawat ini terdiri dari 24 bait, setiap baitnya terdiri dari dua baris.

Shalawat badar sendiri dikarang oleh KH. M. Ali Manshur sekitar tahun 1960-an. Kiai Ali Manshur memiliki garis keturunan berdarah ulama besar. Dari ayah, tersambung hingga Kiai Shiddiq Jember sedangkan dari jalur ibu, tersambung dengan Kiai Basyar, seorang ulama di Tuban.

“Abah dilahirkan di Jember pada 23 Maret 1921. Nasabnya masih menyambung ke Kiai Shidiq Jember. Kalau dari jalur ibu asli orang Tuban,” kata putra kedua Kiai Ali yang bernama Kiai Syakir Ali, Senin (04/02/2019).

Shalawat badar dewasa ini sudah menjadi syair wajib bagi kaum nahdliyin. Hampir setiap kegiatan shalawat ini dilantunkan. Bahkan sudah merambah ke genre musik pop yang dipopulerkan oleh beberapa grup band dan penyanyi religi. Tak hanya di Indonesia, shalawat badar juga dikenal di berbagai belahan dunia Islam.

Kiai Ali terkenal gila ilmu, ia belajar dari satu pesantren ke pesantren lain. Mulai dari Pesantren Termas Pacitan, Pesantren Lasem, Pesantren Lirboyo Kediri, hingga Pesantren Tebuireng Jombang.

Majalah Tebuireng

Kiai Syakir mengatakan, waktu kecil Kiai Ali belajar di Tuban. Setelah itu Kiai Ali ingin belajar ke Termas namun ia hanya punya modal sepeda ontel dan nasi jagung. Akhirnya dari Tuban ke Tremas naik onthel dan bekal nasi jagung. Selama di pesantren Kiai Ali menerima jasa ojek ke pasar dan hasilnya untuk membeli kitab.

“Kiai Ali suka ilmu Arrud, dan belajar ilmu ini di Lirboyo. Ia sering diajak diskusi pengasuh masalah arrud. Menurut Gus Dur, Kiai Ali juga pernah belajar di Tebuireng,” ujarnya.

Seusai nyantri Kiai Ali kembali ke Tuban. Di sana ia aktif di Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII). Dan aktif juga sebagai seorang pegawai di bawah Kementerian Agama. Tepatnya, menjadi Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatan hingga promosi menjadi Kepala Kementerian Agama (Kemenag) di tingkat kabupaten.

Pada tahun 1955, Kiai Ali terpilih sebagai anggota Konstituante mewakili Partai NU Cabang Bali. Dan pada 1962 pindah ke Banyuwangi lalu dipercaya menjadi Ketua Cabang NU Banyuwangi. Selama di Banyuwangi inilah, Kiai Ali melahirkan karya fenomenal shalawat Badar. Sebelum menulis shalawat Badar, Kiai Ali bermimpi didatangi orang berjubah putih yang diduga para ahli perang Badar.

Dalam keputusan Muktamar ke-28 NU di Krapyak, Yogyakarta shalawat Badar dikukuhkan menjadi mars Nahdlatul Ulama (NU). Kembali ditegaskan oleh KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) saat menjabat ketua PBNU pada Muktamar ke-30 di Lirboyo Kediri. Pada Harlah ke-91 NU, Kiai Ali juga dianugerahi tanda jasa Bintang Kebudayaan atas karyanya.

“Awalnya banyak yang tidak tahu siapa penulis shalawat Badar sebelum Gus Dur menyebutkan Kiai Ali sebagai pengarangnya. Saat itu Gus Dur takut shalawat Badar diakui orang luar. Gus Dur minta saya bawakan data penguat bila Kiai Ali memang penulis shalawat Badar ke Jakarta,” papar Kiai Syakir.

Pasca dibahas oleh Gus Dur, nama Kiai Ali terus jadi bahan pembicaraan dikalangan para ahli sejarah dan budayawan. Terutama dari kalangan Nahdliyin. Sehingga akhirnya banyak para peziarah dari jauh yang datang ke desa Maibit untuk tawasul dan membuktikan kebenaran ucapan Gus Dur.

Di makam Kiai Ali juga dituliskan shalawat Badar yang terletak dibagian baratnya. Setiap hari ada saja yang berziarah ke sana. Terutama para santri yang belajar di pesantren milik putra-putrinya di sekitar pesantren.

“Saya hanya menjelaskan sesuai yang dituliskan abah saja. Saya foto copy kan catatan abah dan tak kasih kepada yang minta,” ungkap Kiai Syakir.

Sosok Kiai Ali Manshur memang unik, makamnya berada di desa Maibit, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Dulu tak banyak yang tahu kalau Kiai Ali di makamkan di desa Maibit. Bahkan beberapa warga desa setempat tak mengenal sepak terjang Kiai Ali. Makam Kiai Ali baru beberapa tahun terakhir direnovasi dan sering dikunjungi orang umum.

Menurut Kiai Syakir, hal ini bukan disengaja melainkan memang tak banyak orang mencari tahu. Baru lah setelah Gus Dur bicara tentang shalawat Badar banyak orang yang mencari dan menelisik sejarah Kiai Ali. Ia bersyukur Kiai Ali suka menulis dan punya catatan pribadi setiap melakukan sesuatu. Sehingga tak bingung menjelaskan kepada penanya.

“Abah itu punya buku harian dan suka menulis kegiatannya di buku harian, kertas kosong dan pinggir kitab. Sampai sekarang saya masih punya catatan pribadi Kiai Ali dalam tulisan pego dan latin,” akunya.

Diantara catatan dalam tulisan pego yang ditemukan berbunyi, Naliko kulo gawe lagune shalawat Badar, yoiku sak ba’dane teko songko Makkah al-Mukarramah, kang tak anyari waktu lailatul qiro’ah kelawan ngundang almarhum Haji Ahmad Qusyairi sak muride. Yoiku ono malem jum’at tahun 1960, tonggoku podo ngimpi weruh ono bongso sayyid utowo habib podho melebu ono omahku. Wa karimati, Khotimah, ugo ngimpi ketho’ kanjeng Nabi Muhammad iku rangkul-rangkulan karo al-faqir. Kiro-kiro dino jum’at ba’da shubuh, tonggo-tonggo podho ndodok lawang pawon, podho takon: ‘Wonten tamu sinten mawon kolo ndalu?’. Lajeng kulo tanglet Habib Hadi al-Haddar, dan dijawab: ‘Haa ulaai arwaahu ahlil badri rodhi-yalloohu ‘anhum’. Alhamdulillahi Robbil ‘aalamiin”.

“Shalawat badar meledak dan dipopulerkan ke berbagai wilayah untuk menandingi lagu himne PKI “Genjer-genjer”. Bila melihat isi shalawatnya maka tak bisa lepas dari kondisi zaman saat itu. Banyak rakyat yang susah mencari makan karena perang sesama anak bangsa,” bebernya.

Selain itu, sebelum wafat Kiai Ali juga mengarang sebuah kitab akhlak dan mengumpulkan syair-syair indah. Jariyah lain yang ditinggal kan Kiai Ali yaitu madrasah di samping rumahnya. Hingga kini, madrasah tersebut sudah berkembang hingga tingkat aliyah.

“Membangun madrasah ini juga unik, saat itu Kiai Ali minta pemborong menyelesaikan bangunan madrasah dengan bayaran Rp.50 ribu,” tambah Kiai Syakir.

Ciri khas Kiai Ali menurut penuturan Kiai Syakir yaitu tegas, semangat mencari ilmu, dan mengabdi pada NU. Kiai Ali sering menolak bantuan dari pemerintah dan bahkan gajinya jarang diambil. Salah satu ketegasan Kiai Ali yaitu setiap hari jumat pukul 10.00 WIB kantor tempat bekerjanya harus ditutup dan siap-siap ke masjid.

“Abah ini punya kemampuan komunikasi yang bagus. Sehingga saat jadi wakil NU ia disukai dari pihak pro dan kontra. Hidupnya sederhana dan tidak banyak gaya. Hidup di rumah sederhana bekas temannya pun mau. Itu lah abah,” tandas Kiai Syakir.

Pewarta: Syarief Rahman

Editor/Publisher: RZ